Abstrak


Sistem Informasi Softskill DIII Teknik Informatika UNS Menggunakan Framework YII2


Oleh :
Retno Utami - M3115112 - Fak. MIPA

ABSTRAK
Softskill merupakan kemampuan seseorang yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas diri seseorang agar lebih efektif dalam menghadapi dunia kerja. Di dunia Pendidikan khususnya bagi para Mahasiwa tidak hanya hardskill yang dibutuhkan tapi softskill juga berpengaruh dalam penilaian yang mana saat ini softskill menjadi hal penting yang selalu dipertanyakan saat memasuki dunia kerja. Maka dari itu banyak program studi di perguruan tinggi yang menerapkan peraturan pemenuhan standar skor pembinaan dengan melibatkan para Mahasiswa dalam berbagai Lomba, Seminar dan Seritifikasi untuk kepentingan Yudisium.
Sistem Informasi Softskill dibuat guna mengevaluasi dan sebagai sarana bagi Mahasiswa dalam melakukan transkrip softskill. Sistem Informasi Softskill dibuat dengan berbasis Web. Dalam sistem ini Admin bertugas manajemen data yang terdapat dalam sistem sehingga Dosen dan Mahasiwa dapat mengakses keluaran dari sistem tersebut. Sistem Informasi Softskill dibuat dengan permodelan Use Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram dan Sequence Diagram. Perancangan database didapatkan dari sistem yang pernah dibuat sebelumnya sedang perancangan antarmuka dibuat berdasarkan model tampilan pada Sistem Informasi Softskill.
Pembuatan tugas akhir ini menghasilkan sistem yang dapat mengolah dan memanajemen data softskill yang digunakan untuk kepentingan Mahasiswa ataupun Dosen. Tujuan utama pembuatan Sistem Informasi Softskill ini mempermudah para mahasiswa untuk memenuhi point softskill sebagai salah satu syarat Yudisium dengan mengunggah bukti softskill ke dalam sistem.
Kata Kunci : Dosen, Mahasiswa, Sistem Informasi, Softskill, Yudisium