;

Abstrak


Pengaruh Pemberian Nutrisi Enteral Kontinyu Dibandingkan Dengan Bolus Terhadap Skor Sequential Organ Failure Assessment (Sofa) Dan Lenght Of Stay (Los) Pada Pasien Sepsis Dengan Hiperglikemia Di Ruang Perawatan Intensif


Oleh :
Makiyatul Munawwaroh - S961402005 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Teknik pemberian nutrisi merupakan tatalaksana penting pada pasien sepsis dengan hiperglikemi karena kondisi malnutrisi secara signifikan meningkatkan mortalitas. Pemberian nutrisi kontinyu meningkatkan kemampuan pasien untuk mobilisasi, menurunkan masa rawat dan mortalitas
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teknik pemberian nutrisi enteral secara kontinyu dibandingkan dengan pemberian nutrisi enteral secara  bolus  dengan outcome evaluasi skor SOFA dan lenght of stay (LOS)  pada pasien sepsis yang mengalami hiperglikemia di ruang perawatan intensif RSUD Dr. Moewardi Surakarta.
Penelitian eksperimental dengan prospective randomized controlled trial dilakukan pada pasien sepsis dengan hiperglikemia di ruang rawat intensif. Dua puluh empat kandidat diberi nutrisi enteral dibagi menjadi 2 kelompok (n = 12 masing-masing) dan dihitung skor SOFA dihari pertama perawatan. Nutrisi enteral diberikan sebagai bolus selama 1 jam setiap 4 jam (Kelompok I), atau terus menerus selama 24 jam (Kelompok II) selama periode perawatan intensif. Setelah 3 hari, semua pasien dihitung skor SOFA. LOS dihitung dari hari pertama masuk ruang rawat intensif hingga keluar dari ruang rawat intensif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan skor SOFA pada nutrisi enteral kontinyu (49,28%, mean 3,08 ± 1,51) cenderung lebih besar daripada penurunan skor SOFA pada bolus (45,60%, rata-rata 2 , 42 ± 1,73), tetapi tidak signifikan (p = 0,62). Ada perbedaan Length of Stay (LOS) (p = 0,012) pada nutrisi enteral kontinyu (4,83 ± 3,16) dibandingkan dengan bolus (7,92 ± 3,63) pada pasien sepsis dengan hiperglikemia di ruang rawat intensif Dr. Moewardi Surakarta.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedua teknik nutrisi enteral menunjukkan perubahan skor SOFA tetapi tidak mempunyai perbedaan yang signifikan dalam menurunkan skor SOFA pada 3 hari pertama perawatan di ruang intensif. Namun teknik pemberian nutrisi enteral kontinyu dapat memperpendek LOS pasien di ruang rawat intensif.

Kata kunci : nutrisi enteral, sepsis dengan hiperglikemia, SOFA, LOS