Abstrak


Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Teknik Pembelajaran TPS (think pair share) Pada Kelompok B Tk Dharma Wanita Nguwet Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Ilma Rokhmi Zulaikhah - K8112037 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui teknik pembelajaran Think Pair Share (TPS)   pada kelompok B di TK Dharma Wanita Nguwet Tahun Ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah. Penelitian tindakan kelas (PTK).

Penelitian ini dilaksanakan selama 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan.   Tahapan   penelitian   ini   meliputi   empat   tahapan   yaitu   tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Nguwet Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.

Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui teknik TPS dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak yang meliputi indikator membilang urutan bilangan
1-20, menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan 1-10. Ketuntasan pratindakan sebesar 40,00%,  siklus I sebesar  46,67% , siklus II sebesar 66,67% dan  siklus  III  sebesar    80,00%.  Berdasarkan  uraian  di  atas,  hasil  penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam   tiga siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan teknik pembelajaran TPS dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Nguwet Tahun Ajaran 2016/2017.