;

Abstrak


Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Predict Observe Explain (POE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD


Oleh :
Amalia Puspha Rini - S811608001 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran peserta didik kelas IV SD; (2) mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar tematik berbasis POE untuk peserta didik kelas IV SD; (3) mengetahui keefektifan bahan ajar tematik berbasis POE untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen Quasi Experimental. Desain eksperimen yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi dari model desain sistem pembelajaran ADDIE. Hasil skor rata-rata dari uji coba ahli adalah 4,52. Hasil yang diperoleh terhadap kelayakan bahan ajar tematik berbasis POE pada uji coba satu-satu yaitu 4,84, uji coba kelompok kecil memperoleh skor 4,61, dan uji coba lapangan memperoleh skor 4,80.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar yang saat ini digunakan oleh guru kelas IV berupa bahan ajar tematik penunjang pelaksanaan Kurikulum 2013 yang disediakan oleh pemerintah; (2) prosedur pengembangan dalam penelitian ini langkah-langkahnya meliputi (a) analisis (analysis); (b) desain (design); (c) pengembangan (development); (d) implementasi (implementation); (e) evaluasi (evaluation); (3) keefektifan bahan ajar tematik berbasis POE untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang tidak menggunakan bahan ajar tematik berbasis POE adalah 75,72, sedangkan nilai rata-rata kelas yang menggunakan bahan ajar tematik berbasis POE adalah 82,08. Dengan demikian, nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata pada kelas kontrol. Sig. menunjukkan 0,010 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar tematik berbasis POE yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran kelas IV pada tema Indahnya Kebersamaan dengan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku.