Abstrak


Peran Recep Tayyib Erdogan dalam Bidang Politik Keagamaan di Turki (2003-2017)


Oleh :
Rosi Dwi Sovani - C1014042 - Fak. Ilmu Budaya

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang: (1) latar belakang peran Recep Tayyib Erdogan dalam bidang politik keagamaan di Turki (2) peran pemikiran Recep Tayyib Erdogan dalam bidang politik keagamaan di Turki.
Metode dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan latar belakang peran Recep Tayyib Erdogan dalam bidang politik keagamaan dan apa saja bentuk peran pemikiran Recep Tayyib Erdogan dalam bidang politik keagamaan di Turki (2003-2017).
Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa, latar belakang peran Recep Tayyib Erdogan dalam bidang politik keagamaan di Turki adalah mengeluarkan masyarakat dari kesusahan dan kondisi buruk, sehingga pemerintahan di Turki harus menguatkan nilai republik, menyeimbangkan antara fragmatisme global dengan prinsip-prinsip republik. Erdogan lebih menempatkan Islam sebagai spirit (makna) bukan bentuk, dan diterjemahkan ke dalam substansi. Perannya pada tahun 2003-2017 di antaranya mediator konflik Turki dengan suku Kurdi, mengeluarkan kebijakan berbasis Islam dalam bidang pendidikan dan pencabutan larangan pemakaian jilbab, menyerukan persatuan negara-negara Islam, pendukung gerakan Islam politik Ikhwanul Muslimin, serta menjalin hubungan dengan Uni Eropa dan negara-negara Timur Tengah.

Kata Kunci : Peran, Recep Tayyib Erdogan, Politik Keagamaan