Abstrak


Pemanfaatan Waduk Bening/ Widas Sebagai Lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Utilization Of Bening/ Widas Reservoir As A Location Of Solar Power Plant


Oleh :
Herwangga Satria Permana - I0114055 - Fak. Teknik

Listrik merupakan kebutuhan pokok dalam menjalankan aktivitas. Namun seiring berjalannya waktu, kebutuhan listrik semakin naik namun ketersediaan listrik masih stagnan.  Sehingga  diperlukan  adanya inovasi pembangkitan  listrik. Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) bisa menjadi solusi untuk masalah ini. PLTS cenderung membutuhkan lahan yang luas, oleh sebab itu muncullah ide pemanfaatan waduk sebagai lokasi PLTS. Dalam penelitin ini dipilih Waduk Bening/Widas  sebagai lokasi PLTS. Perhitungan luas genangan ijin perlu dilakukan untuk mengetahui berapa luas desain PLTS yang dapat dibangun. Selanjutnya  perlu dihitung pula energi yang dihasilkan serta analisis kelayakan ekonomi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa luas genangan ijin di Waduk Bening/Widas  adalah 944893  m2  dan PLTS  yang dapat dibangun  sebanyak  20 modul dengan luas desain PLTS 1 modul adalah 8000 m². Energi yang dihasilkan oleh 20 modul PLTS dalam waktu 1 tahun adalah sebesar 19668,52 MWh. Hasil analisis  ekonomi  teknik  dengan  tingkat  suku  bunga  7%,  pembangunan  PLTS Waduk Bening/Widas menunjukkan nilai NPV sebesar Rp 135,830,099,364 yang lebih besar dari 0, nilai IRR sebesar 13 % lebih besar dari nilai suku bunga yang ditentukan sebesar 7 %, dan nilai BCR sebesar 1.466 lebih besar dari 1. Dengan demikian  pembangunan  PLTS  Waduk  Bening/Widas   layak   untuk  dilakukan dengan tingkat suku bunga 7%.