Abstrak


Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi melalui Penerapan Model Think Pair Share dengan Media Word Square pada Peserta Didik Smk Batik 1 Surakarta


Oleh :
Asiyah Kurnianingsih - K7414008 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dasar-dasar perbankan pada peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Batik 1 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran think pair share dengan media pembelajaran word square.   Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Akuntansi SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang terpilih adalah kelas X Akuntansi 2 yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti dan guru mata pelajaran dasar-dasar perbankan. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan deskriptif komparatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share dan media word square dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dasar-dasar perbankan peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Keaktifan pada tahap pratindakan 46,94% dan peserta didik  yang mencapai nilai KKM 43,33% (13 peserta didik), pada siklus I keaktifan peserta didik meningkat menjadi 65,52% dan peserta didik yang mencapai nilai KKM 66,67% (20 peserta didik), kemudian pada siklus II keaktifan peserta didik meningkat menjadi 97,13% dan peserta didik yang mencapai nilai KKM sebesar 96,67% (29 peserta didik). Pada hasil belajar kognitif peningkatan yang dimaksud adalah peningkatan nilai rata-rata sebesar 17,20 (dari 73,63 meningkat menjadi 76,20 dan meningkat lagi menjadi 90,83). Hal tersebut juga diperkuat melalui uji beda dua mean dengan menggunakan t-test, perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah tindakan signifikan secara statistik karena thitung vi = 17,373 > ttabel = 2,045. Dengan demikian penerapan model pembelajaran think pair share dengan media  word square dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dasar-dasar perbankan untuk peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Batik 1 Surakarta.

Kata kunci : keaktifan belajar, hasil belajar, think pair share, media word square