Abstrak


Sistem Informasi Monitoring Kegiatan Marketing di Digital Media Solution Berbasis Web


Oleh :
Haninda Rizqi Wahyudi - M3115066 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Marketing adalah satu bagian yang memiliki peran sangat penting sekali dalam suatu perusahaan, karena marketing memiliki fungsi untuk mencari, mendapatkan, mempertahankan dan memperbanyak konsumen serta menguasai pasar. Banyaknya konsumen yang dimiliki perusahaan menentukan banyaknya jumlah pemasukan bagi perusahaan. Semakin besar pemasukan yang berhasil didapatkan, maka perusahaan akan semakin berkembang, demikian pula sebaliknya.

Digital Media Solution adalah perusahaan yang bergerak di bidang persewaan alat multimedia yang terdapat di Surabaya dan Bali. Dalam proses monitoring kegiatan marketing di perusahaan, Digital Media Solution belum menggunakan sistem informasi untuk melakukannya. Data-data tentang penawaran dan pemesanan barang yang dilakukan oleh marketing masih dalam bentuk dokumen, sehingga pengolahan data tidak efektif dan efisien.  

Sistem Informasi Monitoring Kegiatan Marketing adalah aplikasi berbasis web yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Codeigniter sebagai framework. Sistem Informasi Monitoring Kegiatan Marketing dibuat dengan menggunakan analisis permodelan Use Case Diagram, Activity Diagram dan Sequence Diagram. Perancangan database dan perancangan antarmuka juga digunakan untuk Sistem Informasi Monitoring Kegiatan Marketing.

Pembuatan tugas akhir ini menghasilkan aplikasi web yang dapat mengolah serta memanajemen data penawaran dan order yang dilakukan oleh marketing. Tujuan utama dari pembuatan aplikasi Sistem Informasi Monitoring Kegiatan Marketing ini adalah agar marketing lebih mudah dalam mengolah dan memanajemen data kegiatan marketing serta memudahkan manager marketing dalam memonitoring kinerja marketing di Digital Media Solution.

Kata Kunci: Kegiatan Marketing, Aplikasi Web, Monitoring