Abstrak


Penerapan Model Role Playing Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ips Tentang Persiapan Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V Sdn 2 Depokrejo Tahun Ajaran 2017/2018


Oleh :
Rindang Prastia - K7114147 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Role Playing dengan media konkret, (2)meningkatkan pembelajaran melalui penerapan model Role Playing dengan media konkret, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Role Playing dengan media konkretuntuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN 2 Depokrejo tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas V SDN 2 Depokrejo yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan tes. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Analisis data penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah model Role Playing dengan media konkret meliputi pemanasan, memilih partisipan, menyiapkan pengamat, menata panggung dengan media konkret, memainkan peran dengan media konkret, diskusi dan evaluasi, permainan peran ulang dengan media konkret, diskusi dan evaluasi, dan kesimpulan, (2)penerapan model Role Playig dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa tentang persiapan kemerdekaan Indonesia. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 34,375% dan siklus II 90,625%, dan (3) kendala pelaksanaan penelitian ini, yaitu: a) guru tidak mengaktifkan siswa secara keseluruhan, sehingga siswa cenderung diam dalam proses tanya jawab dan berbagi pendapat, serta b) guru sering meninggalkan kelas di tengah proses pembelajaran.Solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut adalah: a) guru mengaktifkan siswa dengan memberikan dorongan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab, serta b) guru harus fokus mengajar di kelas sampai waktu pelajaran selesai.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Role Playig dengan media konkretdapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang persiapan kemerdekaan Indonesia siswa kelas V SDN 2 Depokrejo tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci:Role Playing, media konkret, hasil belajar.