Abstrak


Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) oleh PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) (Persero) Melalui Program Membina Keluarga Ekonomi Sejahtera (Mekaar) di Kelurahan Mojosongo, Jebres, Surakarta Jawa Tengah


Oleh :
Guntur Danu Kusumo - D1116012 - Fak. ISIP

Salah satu kota di Indonesia yang memberikan pengembangan dibidang UMKM adalah Kota Surakarta. Kota Surakarta mempunyai peran yang strategis bagi pengembangan wilayah di  Propinsi  Jawa  Tengah.  Secara  geografis  letak  kota  Surakarta  sangat  strategis  dan merupakan  titik  pusat  dimana daerah  sekitar mendukung pertumbuhan  ekonomi  di  Kota Surakarta. Salah satu kelurahan  yang menyumbang UMKM terbanyak  adalah Kelurahan Mojosongo, Kelurahan Mojosogo juga mempunyai keluarga pra sejahtera terbesar di kota Surakarta.  Dikota Surakarta sendiri sumber-sumber permodalan menjadi salah satu kendala yang sering terjadi dalam mengembangkan usaha atau membentuk usaha. Dengan tidak adanya modal maka produktivitas dari suatu usaha tersebut akan menurun dan akhirnya para pelaku usaha akan gulung tikar. PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dibentuk oleh pemerintah dengan maksud dan tujuan dalam rangka memberdayakan usaha mikro dan kecil. PT. PNM melalui salah satu programnya yaitu Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) telah melaksanakan program tersebut untuk membantu menyejahterakan UMKM dan wanita pra sejahtera dalam bentuk suntikan modal usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberdayaan yang dilakukan oleh PT. PNM melalui program Mekaar.
Lokasi  penelitian  dilakukan  di  PT.  PNM  Mekaar Jebres,  Surakarta  dan  Kelurahan Mojosongo, Jebres Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Dengan Teknik Pengumpulan data menggunakan model observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik  pengambilan  sampling  berupa  purposive  sampling.  Penelitian  ini  menggunakan metode Triangulasi dan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil dari penelitian ini yaitu PT. PNM Mekaar Jebres telah melaksanakan pemberdayaan UMKM khususnya wanita pra sejahtera dalam mengatasi pelaku UMKM yang kekurangan modal usaha untuk membuka usaha maupun untuk mengembangkan usaha dari modal yang di berikan oleh PT. PNM Mekaar. Pemberdayaan yang di berikan telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang berlaku dan sesuai teori yang sudah di cantumkan.
Proses pertama yaitu penyadaran dimana para petugas memberikan brosur dan memberikan informasi secara singkat. Proses kedua yaitu pengkapasitasan, pada proses ini pemberian informasi kepada kelompok, pembuatan kelompok, dan pemberitahuan tentang cara  main  atau  prosedur  yang harus diikuti.  Tahap  terakhir  yaitu  Pemberian daya  yaitu pemberian permodalan usaha produktif bagi rumah tangga untuk membuka atau meneruskan usaha yang sudah di jalankan sebelumnya. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika dalam kegiatan pemberdayaan terjadi kendala-kendala.