Abstrak


Collaborative Governance dalam Program Klaster Biofarmaka Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Anggit Danu Dinarta - D0113007 - Fak. ISIP

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Program  Klaster Biofarmaka di Kabupaten Karanganyar. Secara spesifik untuk mengindetifikasi adanya proses Collaborative Governance dalam Program Klaster Biofarmaka Kabupaten Karanganyar.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di   Kabupaten   Karanganyar.   Penelitian  ini   menggunakan   teknik   penentuan informan purposive sampling. Pengumpulan data adalah dengan wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Dalam hal ini uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode artinya data yang sejenis akan lebih mantap kebenarannya bila digali dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda. Sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif Miles   dan   Huberman   meliputi   reduksi   data,   sajian   data,   dan   penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa collaborative governance diantara  para  stakeholder  dalam  program  klaster  biofarmaka  sudah  berjalan dengan  baik yang ditandai  dengan  para  stakeholder  sudah  menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara maksimal berdasarkan 8 indikator kolaborasi dari De seve. Penulis juga menemukan bahwa terdapat kolaborasi antara stakeholder pemerintah dengan kelompok tani untuk mensukseskan program klaster biofarmaka.

Kata kunci : Collaborative Governance, Tanaman Obat, Klaster Biofarmaka.