Abstrak


Pengaruh Trust Dengan Pemasok Terhadap Supply Chain Performance: Peran Information Sharing sebagai Mediator (Studi Pada Apotek di Kota Surakarta)


Oleh :
Muhammad Chandra Adiwiguna - F0214077 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh information sharing memediasi hubungan trust dengan supply chain performance serta menjelaskan manfaat dari trust dan information sharing terhadap supply chain performance. Terdapat empat pengujian pengaruh antar variabel yang dilakukan dalam penelitian ini, pertama pengaruh trust terhadap information sharing, kedua pengaruh information sharing terhadap supply chain performance, ketiga pengaruh  lansung  trust  terhadap  supply  chain  performance,  dan  terakhir pengaruh information sharing memediasi hubungan trust dengan supply chain performance.

Penelitian ini dilakukan pada apotek di Kota Surakarta dan data yang digunakan dalam  penelitian  ini  adalah  data  primer  dimana  penulis  mengadakan  survei secara langsung dan melakukan wawancara terhadap pemilik apotek. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis dengan regresi linear.

Hasil penelitian ini adalah bahwa information sharing memediasi secara positif hubungan antara trust dengan supply chain performance dan trust berpengaruh secara langsung dan positif terhadap supply chain performance. Sehingga pentingnya menjaga trust dan keberlangsungan aktifitas information sharing sangat penting dalam menunjang supply chain performance.

Kata Kunci : supply  chain  performance, information sharing, trust.