Abstrak


Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten


Oleh :
Ariza Nur Permana Sugiyanto - K7411029 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten; (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten; dan (3) pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten. Sampel yang terpilih untuk uji instrumen adalah 72 siswa kelas XI yang diambil dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan alat atau instrumen survei berupa angket/kuesioner dan studi dokumentasi dengan alat dokumentasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data fasilitas belajar dan lingkungan belajar serta teknik dokumentasi untuk data prestasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi sederhana dan korelasi ganda dengan bantuan regresi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten (nilai dari r_hitung = 0,864 > r_tabel = 0,228). Apabila fasilitas belajar yang dimiliki baik dan lengkap, maka prestasi belajar siswa akan meningkat, sedangkan apabila fasilitas belajar yang dimiliki kurang baik dan kurang lengkap, maka prestasi belajar siswa akan menurun. 2), ada pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten (nilai dari ???????_hitung = 0,649 >  r_tabel = 0,228). Apabila lingkungan belajar baik dan kondusif, maka prestasi belajar siswa akan  meningkat, sedangkan apabila lingkungan belajar kurang baik dan kurang kondusif, maka prestasi belajar siswa akan menurun. 3) fasilitas belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten (nilai dari F_hitung = 125,279 >  F_tabel = 3,122).