Abstrak


Penerapan Modifikasi Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Softball Pada Peserta Didik Kelas XI Ips 2 SMA Negeri 1 Petanahan Kebumen Tahun Ajaran 2017/2018


Oleh :
Devit Tugianto - K4611028 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Permainan softball pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA N 1 Petanahan tahun ajaran 2017/2018  dengan  penggunaan modifikasi sarana pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA N 1 Petanahan yang berjumlah 28 peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar permainan softball. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil analisis data penelitian dapat disajikan sebagai berikut mulai dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada pra tindakan, peserta didik yang lulus dan mencapai KKM sebanyak 15 peserta didik (53,57%) sedangkan yang belum lulus dan nilai belum mencapai KKM sebanyak 13 peserta didik (46,43%). Pada pra siklus masih banyak peserta Peserta didik belum dapat mempraktikan gerakan keseluruhan teknik dasar permainan softbal (melempar, menangkap, dan memukul), walaupun peneliti dan guru sudah memberikan penjelasan terkait materi pembelajaran permainan softball namun sebagian pesertaa didik sulit memahami sehingga kurang mengerti karena permainan softball bagi mereka tergolong hal baru, dan selain itu peserta didik kurang konsentrasi pada saat pembelajaran berlangsung, beberapa peserta didik juga kurang aktif bertanya saat pembelajaran softball berlangsung sehingga kurang tahu kesalahan kesalahan mereka, serta masih banyak pula peserta didik yang kurang sunggguh-sungguh dalam melakukan teknik dasar permainan softball tersebut.. Pada siklus I, peserta didik yang lulus dan mencapai KKM sebanyak 20 peserta didik (71,42%) sedangkan yang belum lulus dan nilai belum mencapai KKM sebanyak 8 peserta didik (28,58%). Pada Siklus I ini  masih belum mencapai target ketuntasan yang diinginkan yaitu 80% dikarenakan masih ada beberapa peserta didik yang kurang bersungguh-sungguh, disamping itu juga masih ada peserta didik yang sering lupa walaupun peneliti dan guru sudah memberikan penjelasan ber4ulang kali. Pada siklus II, peserta didik yang lulus dan mencapai KKM sebanyak 24 peserta didik (85,71%) sedangkan yang belum lulus dan nilai belum mencapai KKM sebanyak 4 peserta didik (14,29%). Setelah siklus II berjalan capaian target sudah terpenuhi ( target capaian 80 sedangkan capaian pada siklus II 85,71%), namun masih ada 4 siswa yang belum memenuhi syarat kelulusan pembelajaran softball dikarenakan Masih ada sebagian kecil peserta didik yang masih kurang maksimal dalam melakukan gerakan melempar,menangkap dan memukul bola dalam permainan softball.
Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan modifikasi sarana pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar permainan softball pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA N 1 Petanahan tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci : hasil belajar, permainan softball, softball, modifikasi sarana pembelajaran