Abstrak


Analisis Pengaruh Ceo Power terhadap Firm Leverage (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)


Oleh :
Septina Arum Nilamsari - F0214103 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

    Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris terkait pengaruh kekuasaan CEO terhadap kebijakan hutang pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Untuk memenuhi tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam pengambilan sampel penelitian. Terpilih 306 perusahaan yang terdiri dari perusahaan non keuangan, telah go public sebelum tahun 2010 dan memiliki data lengkap yang mendukung penelitian ini. Sebagai pengukur kekuasaan CEO digunakan klasifikasi kekuasaan oleh Finkelstein yang terdiri dari kekuasaan struktural (CEO founder), kepemilikan saham (CEO ownership), keahlian (CEO tenure), dan reputasi (CEO directorship). Data yang digunakan bersumber dari Bursa Efek Indonesia dan situs resmi masing-masing perusahaan.
    Penelitian ini menggunakan analisis metode Panel-Least Square Eviews 10 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kekuasaan CEO berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan hutang perusahaan. CEO yang memiliki kekuasaan tinggi akan cenderung untuk menggunakan lebih sedikit hutang daripada CEO yang memiliki kekuasaan yang lemah. Hal tersebut dikarenakan penggunaan hutang sebagai sumber pendanaan dapat meningkatkan risiko kebangkrutan dan kerugian dalam perusahaan.
    Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu periode penelitian yang pendek menyebabkan jumlah observasi tidak banyak dan pengukur kekuasaan CEO hanya diproksikan sesuai dengan klasifikasi Finkelstein sehingga hanya terbatas pada 4 dimensi kekuasaan. Oleh karena itu, penelitian berikutnya diharapkan dapat melengkapi keterbatasan penelitian ini.
Kata Kunci: Kekuasaan, kekuasaan struktural, kepemilikan saham, keahlian, reputasi, hutang perusahaan