Abstrak


Penerapan Pendekatan Concrete Representational Abstract (Cra) untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematikatentang Pengukuran pada Siswa Kelas IV SDN 1 Jerukagung Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Teguh Prasetyo - K7112246 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini  adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan concrete representational abstract (CRA), (2) mendeskripsikan peningkatkan pemebelajaran tentang pengukuran melalui penerapan pendekatan concrete representational abstract (CRA), dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan pendekatan concrete representational abstract (CRA) untuk meningkatkan pembelajaran tentang pengukuran pada siswa kelas IV SDN 1 Jerukagung.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Jerukagung yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Penelitian dihentikan setelah proses pembelajaran siswa dan guru memperoleh persentase 85%, dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 85% dari siswa keseluruhan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan concrete representational abstract (CRA) sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yaitu (a) langkah concrete, (b) langkah representational, dan (c) langkah abstract; (2) penerapan pendekatan concrete representational abstract (CRA) dapat meningkatkan pembelajaran tentang pengukuran siswa kelas IV SDN 1 Jerukagung. Pada siklus I hasil observasi terhadap guru memperoleh persentase 65,49%, dengan banyaknya siswa yang tuntas yaitu 73,81%. Pada siklus II hasil observasi terhadap guru memperoleh persentase 75,00%, dengan banyaknya siswa yang tuntas yaitu 78,57%. Pada siklus III hasil observasi terhadap guru memperoleh persentase 83,92%, dengan banyaknya siswa yang tuntas yaitu 92,86% (3) kendala yang dihadapi dalam penerapan pendekatan concrete representational abstract (CRA) yaitu: (a) siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, (b) siswa bermain sendiri, (c) siswa kurang kondusif. Solusi yang diberikan yaitu: (a) guru bersikap tegas, (b) guru mengkondisikan siswa, (c) guru membagi kelompok secara efektif.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan concrete representational abstract (CRA) dapat meningkatkan pembelajaran tentang pengukuran siswa kelas IV SDN 1 Jerukagung.

Kata Kunci: concrete, representational, abstract, pembelajaran, pengukuran