;

Abstrak


Pengembangan Inquiry Based Learning Design untuk Memperbaiki Pemahaman Konsep Materi Plantae


Oleh :
Yasinta Choirina - S831508055 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Konsep Plantae dalam biologi merupakan salah satu pokok bahasan materi  yang sulit dipahami. Mengajarkan konsep Plantae kepada siswa tidak mudah karena siswa dituntut untuk menyelidiki konsep secara langsung. Berdasarkan hasil survey kepada 100 siswa di 11 SMA se-Surakarta (Januari 2017), kesulitan siswa mempelajari Plantae diantaranya mengklasifikasikan, menyebutkan ciri, mengingat nama latin, dan membedakan kelompok tumbuhan tertentu. Sedangkan berdasarkan hasil Pedagogical Content Knowledge (PCK), guru kesulitan mengajarkan konsep Plantae kepada siswa karena kesulitan membuat desain pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu, perlu suatu strategi untuk memperbaiki pembelajaran Plantae di SMA. Salah satu alternatif yang diajukan dalam riset ini adalah melalui pembuatan desain pembelajaran berbasis inkuiri atau Inquiry Based Learning Design (IBLD).
IBLD diasumsikan mampu membantu siswa mempelajari konsep Plantae secara langsung sehingga dapat membantu siswa dalam mengingat konsep. Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain pembelajaran Plantae untuk SMA melalui pendekatan Design Based Research (DBR) yang akan memperbaiki pembelajaran Plantae di kelas.  
Guru biologi yang terlibat dalam fase DBR sebanyak 35 guru biologi SMA di Surakarta yang berasal dari 11 sekolah dan dipilih secara purposif, dan 4 pakar dengan melakukan pengecekan pada konten dan konstruk. Hasil validasi menunjukkan bahwa draft desain pembelajaran dikategorikan sangat baik pada masing-masing komponen, namun untuk mengecek dampak IBLD ini masih perlu dilakukan uji multilokasi.  

Kata kunci: Desain Pembelajaran, Pembelajaran Inkuiri, Plantae, Pemahaman  Konsep, Tes Diagnostik.