Abstrak


Pengaruh Costumer Engagement Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Kepercayaan Merek (Studi Kuantitatif Pengaruh Customer Engagement pada Akun Instagram @BLP Beauty terhadap Kepercayaan Merek Produk Kecantikan BLP Beauty)


Oleh :
Dinda Divania - D0214031 - Fak. ISIP

Abstrak

Saat ini, new media menjadi salah satu media alternatif untuk menjalankan fungsi perusahaan dalam membangun hubungan dengan publiknya. Salah satunya Instagram, yang kini menjadi media social dengan peluang tinggi untuk melakukan kegiatan campaign dan promosi perusahaan atau merek. By Lizzie Parra Beauty, sebuah brand produk kecantikan, memanfaatkan akun @BLPBeauty di Instagram sebagai salah satu tools of public relation, yaitu membangun customer engagement lewat konten-konten interaktif yang diposting, yang akan berdampak pada kepercayaan merek dan keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kognitif, sikap, dan perilaku dalam konteks customer engagement melalui media social @BLPBeauty terhadap kepercayaan merek produk kecantikan By Lizzie Parra Beauty. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner melalui media online. Populasi yang digunakan adalah followers akun instagram @BLPBeauty. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah quota sampling, dengan karakteristik sampel antara lain: (1) Sampel sudah berusia 16 tahun atau lebih; (2) Sampel sudah menjadi followers akun Instagram @BLPBeauty; (3) Sampel pernah melakukan interaksi (kegiatan melihat, membaca, dan memberikan like serta comment) di dalam akun Instagram @BLPBeauty sebanyak minmal 3x.
Hasil uji t analisis statistic regresi menunjukkan bahwa variabel kognitif dan perilaku mempunyai nilai sig sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti variabel ini mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan merek. Sama halnya dengan variabel perilaku dengan nilai sig sebesar 0,002 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa ketiga variabel diatas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan merek pada followers akun @BLPBeauty, dengan besar kontribusi sebesar 75,6% dan sisanya 24,4% dijelaskan oleh variabel lain di luar model yang tidak diobservasi.

Kata Kunci : hubungan dengan pelanggan, media sosial, instagram, kepercayaan merek, statistic regresi