Abstrak


Analisis Layanan Industri pada Tempat Prakerin Siswa Terhadap Penguasaan Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan Siswa SMK N 5 Surakarta


Oleh :
Rasyid Sidik - K2514050 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) layanan Prakerin industri kepada siswa; (2) perbedaan layanan yang diberikan kepada siswa; (3) pengaruah layanan industri terhadap penguasaan kompetensi; dan (4) layanan industri yang berpengaruh besar terhadap penguasaan kompetensi siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif.
Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan kualitatif  dengan  metode studi kasus. Sumber data diperoleh dari partisipan, dokumentasi, hasil observasi dan studi literatur. Teknik pengambilan sampel menggunakan  purposive sampling. Pengumpulan  data menggunakan  wawancara,  observasi  langsung,  dan  analisis buku jurnal Prakerin. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi data, member checking dan pengumpulan bukti kerja penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.
Hasil  penelitian  sebagai  berikut.  (1)  Layanan  diberikan  pihak  industri mulai dari tahap perencanaan, pembinaan hingga evaluasi. Dengan tersedianya alat kerja,  bimbingan, dan ilmu otomotif yang dibutuhkan siswa; (2) Adanya pengaruh perbedaan layanan pada masing-masing industri ditinjau dari fasilitas kerja, jumlah mekanik, intensitas kerja, jenis pekerjaan, model pengelolaan Prakerin, dan model monitoring siswa terhadap penguasaan kompetensi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif; (3) Siswa cenderung lebih memahami pekerjaan- pekerjaan ringan/pekerjaan dasar Tune up dan servis rem dari berbagai variasi tugas yang diterima, karena siswa sebagai helper bagi mekanik bengkel; (4) Layanan industri memiliki pengaruh besar terhadap penguasaan kompetensi siswa apabila proses pembimbingan dan monitoring berkualitas, pekerjaan bervariasi dan fasilitas kerja memadai.