Abstrak


Analisis Perpindahan Panas Parabolic Trough Collector dengan Variasi Pengubahan Sistem Pipa Absorber


Oleh :
Setyo Pranoto - K2514061 - Fak. KIP

Salah satu teknologi yang digunakan untuk mengkonversikan energi matahari adalah Parabolic trough collector  (PTC). Penelitian ini membahas tentang analisis perpindahan panas parabolic trough collector dengan pengubahan sistem pipa absorber.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain sistem pipa absorber yang efisien untuk PTC.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan pengujian. Sistem pipa absorber didesain dengan dua variasi sistem. PTC1 menggunakan sistem open loop sedangkan PTC2 menggunakan sistem closed loop. Pengujian dilakukan pada kondisi cuaca cerah. Dalam pengujian dilakukan pengukuran intensitas cahaya matahari, temperatur air kolam dengan perlakuan PTC dan temperatur air kolam tanpa perlakuan PTC. Pengujian sistem memakai laju aliran massa fluida 0,67 kg/s. Rasio volume pipa di atas parabola dengan volume air kolam adalah 1:10.
Hasil pengujian diperoleh suhu tertinggi air kolam dari PTC1 sebesar 39,3oC pada intensitas 806,59W/m2. Sedangkan pada PTC2 suhu tertinggi air kolam sebesar 36,2oC pada intensitas 827,92 W/m2. Berdasarkan hasil penelitian, PTC dengan sistem pipa open loop memiliki efisiensi lebih baik dibandingkan PTC dengan sistem pipa closed loop.