Abstrak


Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya dan Harga Diri Dengan Orientasi Masa Depan pada Narapidana Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas IA Kutoarjo


Oleh :
Annisa Ratri Aprilla - G0114022 - Fak. Kedokteran

Abstrak

Orientasi Masa depan merupakan gambaran yang dimiliki seseorang tentang dirinya di dalam konteks masa depan yang terjadi pada masa remaja. Penting bagi setiap orang untuk memiliki orientasi masa depan agar dapat mempersiapkan masa depannya dengan baik, tidak terkecuali narapidana anak yang berada di LPKA Klas IA Kutoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dan harga diri dengan orientasi masa depan (2) mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dan orientasi masa depan, dan (3) mengetahui hubungan antara harga diri dengan orientasi masa depan pada narapidana anak di LPKA Klas 1A Kutorajo.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif-korelasional dengan menggunakan teknik pengambilan sample berupa total sampling, dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, yaitu sebanyak 59 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala orientasi masa depan (α=0,846), skala interaksi teman sebaya (α =0,909), dan skala harga diri (α =0,853). Berdasarkan hasil uji hipotesis, di dapatkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel, (p < 0,05) dan nilai R= 0,440. Berdasarkan hasil uji korelasi pearson menunjukkan antara interaksi teman sebaya dengan orientasi masa depan terdapat hubungan signifikan (p < 0.05; rx1y=0.600), serta antara harga diri dengan orientasi masa depan terdapat hubungan yang signifikan (p < 0.05; rx2y = 0.592).
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: (1) terdapat hubungan signifikan dan positif antara interaksi teman sebaya dan harga diri dengan orientasi masa depan pada narapidana anak di LPKA Klas 1A Kutoarjo, (2) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara interaksi teman sebaya dengan orientasi masa depan, (3) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara harga diri dengan orientasi masa depan, (4) sumbangan efektif interaksi teman sebaya dan harga diri terhadap orientasi masa depan narapidana anak di LPKA Klas 1A Kutoarjo sebesar 44%. Dimana interaksi teman sebaya menyumbang sebanyak 22,76% dan harga diri menyumbang sebanyak 21,24%.

Kata Kunci : orientasi masa depan, interaksi teman sebaya, harga diri