Abstrak


Pemodelan Micro-Combustor dengan Variasi Material dan Posisi Wire Mesh untuk Mendapatkan Nyala Api yang Stabil pada Aplikasi Micro Power Generation


Oleh :
Aris Purwanto - K2514010 - Fak. KIP

                                              ABSTRAK

Aris Purwanto K2514010. PEMODELAN MICRO-COMBUSTION DENGAN VARIASI MATERIAL DAN POSISI WIRE MESH UNTUK MENGHASILKAN NYALA API YANG STABIL PADA APLIKASI MICRO POWER GENERATION. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Juli 2018.
Micro-combustion merupakan sebuah metode pembakaran di dalam tabung micro/meso untuk menghasilkan nyala api yang digunakan untuk menghasilkan nyala api yang stabil, kemudian nyala api diubah menjadi energi listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi desain, jenis material, dan posisi wire mesh pada Micro-combustion untuk mendapatkan nyala api yang stabil.
Sebuah pemodelan dilakukan untuk mengetahui batas-batas baik blow out maupun extinction dari sebuah tabung micro-combustor. Aplikasi fluent digunakan untuk mengetahui temperature dan heat of reaction yang terjadi di dalam tabung combustor. Dengan variabel jenis material, geometry combustor, dan posisi wire mesh.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa combustor dengan desain bertingkat memiliki suhu yang lebih panas dan range kecepatan yang lebih panjang dibandingkan dengan desain tidak bertingkat. Combustor dengan material quartz glass memiliki suhu yang lebih panas dibandingkan dengan material stainless steel. Combustor dengan tipe A memiliki range kecepatan yang lebih panjang dibandingkan dengan tipe B dan C.

Kata kunci: Computational Fluid Dynamic, Micro-combustion, Micro Power
                  Generation