Abstrak


Peran Customer Service Dalam Peningkatan Tabungan Britama Junio Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Adi Sucipto


Oleh :
Citra Syarifa Dewi - F3615017 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Pelayanan Customer Service pada sebuah bank merupakan jasa pelayanan yang diberikan oleh bank kepada nasabah yang berkaitan dengan kegiatan usaha dan operasional bank sehari – hari. Peranan Customer Service dapat disebut sebagai unit front line bank yang sangat penting, yaitu sebagai pelaksana proses awal kegiatan bank yang berhubungan langsung dengan nasabah. Dimana tugas utama Customer Service adalah memberikan informasi dan pelayanan nasabah khususnya pada produk tabungan BRI. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dengan studi lapangan yang terdiri dari observasi, penyebaran kuesioner, populasi dan pengambilan sampel sebanyak 100 responden.

Teknik pembahasan yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yang membahas mengenai jawaban yang diberikan responden pada kuesioner. Analisis ini tidak memerlukan perhitungan secara sistematis dan dilaksanakan dengan melihat hasil tabel pertanyaan yang diajukan kepada nasabah pada saat melakukan penelitian dan data tersebut diperoleh dari penyebaran kuesioner. Hasil pengumpulan data itu disajikan dalam bentuk tabel.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Customer Service BRI Unit Adi Sucipto melalukan proses cross selling dengan cukup baik dengan hasil 71% dari total responden. Namun diharapkan Customer Service melakukan cross selling setiap nasabah bertransaksi.

Kata Kunci: Peran Customer Service, Peningkatan Tabungan