Abstrak


Persepsi Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget oleh Remaja (Deskriptif Kualitatif tentang Persepsi Orang Tua terkait Dampak dari Aktivitas Penggunaan Gadget oleh Pelajar di SMP Negeri 4 Surakarta dengan Komunikasi Interpersonal di Lingkup Keluarga)


Oleh :
Fadhila Jehan Mei Erdani - D1216020 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Pada zaman modern saat ini gadget bukan hanya digunakan oleh orang dewasa saja, bahkan anak-anak usia balita, PAUD, Sekolah Dasar (SD) dan remaja. Penggunaan gadget oleh anak dalam hal ini usia remaja tentu memberikan pengaruh baik yang positif maupun negatif terlebih dalam kaitannya dengan konteks komunikasi interpersonal dalam lingkup keluarga.  

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dari orang tua terkait penggunaan gadget oleh anak dengan komunikasi interpersonal di lingkup keluarga. Teori yang digunakan adalah teori persepsi yang dikemukakan oleh Deddy Mulyana yang dikutip drai Robert A.Baron dan Paul B.Paulus, yaitu proses internal yang memungkinkan seseorang memilih, mengorganisasikan dan menafsirkan rangsangan dari lingkungan, dan proses tersebut mempengaruhi perilaku seseorang. Dalam hal ini bagaimana orang tua menafsirkan rangsangan dari lingkungan, yaitu sikap dan perilaku anak yang tampak ketika anak menggunakan gadget terhadap komunikasi interpersonal yang terjalin dalam lingkup keluarga kemudian memunculkan persepsi dari orang tua. Persepsi tersebut muncul berdasarkan pengalaman yang dialami sendiri oleh orang tua terhadap anaknya. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi pengawasan yang diberikan orang tua terkait aturan, batasan yang diberikan kepada anak dalam menggunakan gadgetnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara dengan 10 orang tua dengan latar belakang pendidikan, usia dan profesi yang berbeda dari siswa/siswi kelas 7,8, dan 9 yang bersekolah di SMP Negeri 4 Surakarta. 

Hasil dari penelitian adalah persepsi orang tua terkait aktivitas penggunaan gadget dengan komunikasi interpersonal dalam lingkup keluarga muncul dilihat dari sikap dan perilaku anak serta pengawasan yang diberikan orang tua. Pengawasan tersebut dilakukan orang tua dengan memberi batasan waktu bagi anak dalam menggunakan gadget miliknya. Persepsi orang tua menjadi positif atau negative terkait aktivitas penggunaan gadget oleh anak berkaitan dengan pengawasan yang diberikan orang tua kepada anak dalam menggunakan gadgetnya.
 
Kata Kunci: Persepsi, Komunikasi Interpersonal, Pengaruh Gadge