Abstrak


Perubahan Perilaku Masyarakat Dalam Menggunakan Jamban Sehat Di Desa Kebonharjo, Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten


Oleh :
Bondan Sudarsono - D0314013 - Fak. ISIP

Perubahan perilaku merupakan sesuatu hal yang pasti terjadi pada kehidupan manusia di bumi ini. Perubahan perilaku yang terjadi bisa perubahan perilaku positif atau perubahan perilaku negatif. Semua perubahan perilaku yang terjadi pada manusia tentu ada faktor penyebabnya. Penelitian ini membahas perubahan perilaku masyarakat dalam menggunakan jamban sehat yang terjadi di Desa Kebonharjo. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk menggambarkan penyebab minimnya jamban sehat di Desa Kebonharjo Kecamatan Polanharjo Kabupaten   Klaten.   2).   Untuk   menggambarkan   partisipasi   masyarakat   saat program jamban sehat berjalan. 3). Untuk menggambarkan perilaku sehat masyarakat menggunakan jamban.

Penelitian ini menggunakan Teori Perubahan Sosial dari George Homans tentang  Pertukaran  Perilaku.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata, kalimat atau gambar yang memiliki arti. Informan yang dipilih merupakan masyarakat Desa Kebonharjo yang menerima bantuan berupa jamban, kemudian informan selanjutnya ialah bidan desa dan perangkat desa yang mengurusi langsung program bantuan jamban sehat.

Pengumpulan data menggunakan teknik observasi serta wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Minimnya jamban di Desa Kebonharjo disebabkan oleh faktor geografis desa yang sebagian desa dilewati mata air sungai, serta kebiasaan buruk masyarakat Desa Kebonharjo berupa buang air besar sembarangan di sungai (BABS). 2). Proses berjalannya bantuan jamban sehat yang mengalami perubahan, serta partisipasi masyarakat Desa Kebonharjo terhadap  program  bantuan  jamban  sehat.  3).  Dampak  dari  program  bantuan jamban  sehat  berupa  perubahan  perilaku  masyarakat  menjadi  perilaku  hidup bersih dan sehat (PHBS).