Abstrak


Sinkronisasi Surat Keputusan Bupati Sleman Nomor 284/Kep.Kdh/A/2011 dengan Izin Usaha Pertambangan sebagai Usaha Pengendalian Kerusakan Lingkungan Akibat Penambangan Pasir di Kabupaten Sleman


Oleh :
Aillen Crist Nender - E0014011 - Fak. Hukum

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mengkaji Sinkronisasi Surat Keputusan Bupati Sleman No 284 Tahun 2011 tentang Normalisasi Aliran Sungai Pasca Erupsi Merapi dan Izin Usaha Pertambangan Sebagai Usaha Pengendalian Kerusakan Lingkungan Akibat Penambangan Pasir di Kabupaten Sleman. Surat Keputusan Bupati Sleman ini dikeluarkan guna menormalisasi aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Merapi yang tertutup material vulkanik Pasca Letusan Merapi 2010.
Surat Keputusan Bupati Sleman tentang normalisasi Sungai ini mencantumkan ketentuan bahwa pihak-pihak yang hendak melakukan normalisasi harus memiliki Izin Usaha Pertambangan guna mengantisipasi kerusakan lingkungan yang mungkin terjadi pada saat kegiatan normalisasi berlangsung. Izin Usaha Pertambangan juga akan mempermudah dalam hal pengawasan dan koordinasi pada saat berlangsungnya kegiatan normalisasi nantinya. Namun yang tidak kalah penting yaitu adalah pengawasan kegiatan dilapangan dimana kegiatan ini benar-benar harus sesuai tujuan yaitu menormalisasi aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Merapi bukannya malah diartikan sebagai kegiatan penambangan pasir yang menimbulkan keuntungan semata.
Kata Kunci : Normalisasi Sungai, Izin Usaha Pertambangan, Material Vulkanik, Pertambangan, Pengawasan