Abstrak


Pembuatan 3d Virtual Reality Candi Borobudur Bagian Kamadhatu Dan Rupadhatu


Oleh :
Endang Setyaningsih - M3115052 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan karena Borobudur merupakan objek wisata tunggal di Indonesia yang mempunyai kunjungan wisatawan terbanyak, karena banyaknya wisatawan dari luar kota maka Borobudur membutuhkan inovasi untuk wisatawan agar bisa berinteraksi dan memperoleh informasi tentang Candi Borobudur sebelum wisatawan berkunjung. Dimana informasi tersebut bisa diakses wisatawan baik di lingkungan Candi Borobudur maupun di luar Candi Borobudur.

Teknologi Virtual Reality menjadi pilihan yang tepat untuk merangkum konten virtual tersebut sehingga inovasi teknologi di dalam Candi Borobudur dapat dinikmati masyarakat. Dalam proses pembuatan aplikasi Virtual Reality Candi Borobudur Bagian Kamadhatu dan Rupadhatu ini bertujuan untuk memberikan sarana edukasi dalam pengenalan sejarah Candi Borobudur. Objek yang penulis ambil dari Candi Borobudur yaitu tangga lidah, tangga naga, pintu gerbang, tempat patung, dan patung singa. Metodologi yang digunakan yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Software utama yang penulis gunakan adalah unity game Engine.

Hasil  dari penelitian ini berupa aplikasi Virtual Reality Candi Borobudur Bagian Kamadhatu dan Rupadhatu berbentuk file.apk yang dijalankan pada perangkat Android yang memiliki spesifikasi minimal RAM 3 GB, serta memiliki sensor gyroscope. Dari hasil kuisioner yang telah dilakukan terhadap 30 responden, total hasil rata-rata untuk aspek memberikan gambaran visual terhadap Candi Borobudur yaitu sangat setuju 28.6%, setuju 59.6%, cukup setuju 11.8%, kurang setuju 0%, dan tidak setuju 0%. Sedangkan total hasil rata-rata untuk aspek menambah informasi mengenai objek-objek yang terdapat pada Candi Borobudur khususnya bagian kamadhatu dan arupadhatu yaitu sangat setuju 37.83%, setuju 53.5%, cukup setuju 8.6%, kurang setuju 0%, dan tidak setuju 0%. Dari hasil rata-rata kedua aspek tersebut  dapat disimpulkan bahwa aplikasi Virtual Reality Candi Borobudur Bagian Kamadhatu dan Rupadhatu ini responden mayoritas berpendapat setuju atas apa yang disajikan aplikasi ini namun tentunya harus perlu ditingkatkan lagi. Virtual Reality Candi Borobudur Bagian Kamadhatu dan Rupadhatu diharapkan sebagai gambaran awal pengunjung sebelum berkunjung ke Candi Borobudur sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke Candi Borobudur, serta sebagai sarana edukasi pengenalan sejarah Candi Borobudur.

Kata Kunci: Virtual Reality, Android, Unity Game Engine