Abstrak


Asuhan Kebidanan Terintegrasi Pada Ny. R Umur 21 Tahun di Puskesmas Gajahan Surakarta


Oleh :
Ummu Syahidah - R0315053 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Puskesmas Gajahan tahun 2017 tercatat laporan kematian ibu ada 1 kasus yang disebabkan perdarahan,kematian neonatal terdapat 2 kasus dikarenakan hiperglikemi dan asfiksia. Dalam kehamilan Ny.R ditemukan kasus yang menyebabkan perdarahan bila tidak ditangani yaitu KEK dan Anemia Ringan serta diagnosa hamil dengan DKP (Disproporsi Kepala Panggul) dan bersalin secara SC, BBL, Nifas normal, dan KB Suntik 3 bulan, maka dengan ini diperlukan asuhan kebidanan terintegrasi pada awal kehamilan.

Pelaksanaan: Asuhan kehamilan Ny.R dengan konseling penanganan sering BAK, KEK,dan Anemia ringan. Asuhan bersalin SC (Seksio Sesarea) a/i DKP.
 
Evaluasi: Kehamilan Ny.R tertangani dan tidak terjadi komplikasi. Persalinan secara SC Ny.R berjalan. BBL normal. Masa nifas normal. Ny. R memilih menggunakan KB Suntik.

Kesimpulan dan saran: Terdapat kesenjangan antara teori dan penatalaksanaan yaitu pada ibu nifas tidak diberikan Vitamin A dan Tablet Fe. Dan pada BBL tidak dilakukan perawatan tali pusat terbuka. Petugas kesehatan diharapkan tetap memberikan asuhan yang menyeluruh secara komprehensif dan berpegang pada standar pelayanan kebidanan di Indonesia.