Abstrak


Strategi Pengembangan Desa Wisata Kaligono Kabupaten Purworejo


Oleh :
Rifan Triadi - B3215042 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK


Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang Strategi Pengembangan di Desa Wisata Kaligono Kabupaten Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan  yang  dipertanyakan  dalam  penelitian  ini,  yaitu  Potensi  apa  saja  yang dimiliki Desa Wisata Kaligono, Bagaimana Strategi pengembangan Desa Wisata Kaligono, dan Kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan.

Penulisan laporan ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan strategi pengembangan Desa Wisata Kaligono. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara yaitu melakukan tanya jawab secara langsung kepada pihak yang terkait dalam hal ini adalah pengelola Desa Wisata Kaligono, kepada masyarakat Desa Kaligono, kepada pengunjung Desa Wisata Kaligono, studi pustaka, dan studi dokumen yang berkaitan dengan penulisan laporan ini.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Desa Wisata Kaligono memiliki potensi dan atraksi wisata yang beragam mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata religi, wisata budaya, dan agrowisata. Strategi yang digunakan dalam pengembangan menggunakan strategi yaitu dengan beberapa tahap antara lain, penambahan sarana prasarana  dan  fasilitas  untuk  menunjang  wisatawan  seperti  dibangunnya  rumah budaya  sebagai  tempat  pertunjukan  kesenian  Desa  Kaligono,  memperluas  lahan parkir,  penambahan  jumlah  homestay,  penambahan  toilet,  kamar  ganti,  warung makan, toko souvenir dari Desa Wisata Kaligono, penambahan obyek wisata Taman Sidandang dan atraksi wisata lainnya seperti wisata edukasi Ndewan Gula Aren dan pembuatan wingko kelapa, dan penambahan wahana permainan flying fox di obyek wisata Curug Siklothok untuk menambah daya tarik wisatawan.  Kendala-kendala yang diharapkan dapat diatasi dengan baik sehingga strategi pengembangan yang dilakukan dapat mendatangkan wisatawan dari berbagai kalangan dan  menambah atraksi wisata di Kabupaten Purworejo

Kesimpulan  yang  dapat  diambil  bahwa  Desa  Wisata  Kaligono  memiliki potensi dan atraksi wisata yang beranekaragam. Strategi pengembangan yang terus dilakukan oleh pengelola secara bertahap untuk menjadikan Desa Wisata Kaligono sebagai tempat tujuan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Terdapat kendala- kendala dalam pengembangan yang diharapkan dapat diatas untuk mengembangkan Desa Wisata Kaligono.

Kata kunci : Strategi, pengembangan, desa wisata.