Abstrak


Inovasi Pelayanan Pencatatan Akta Kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatatan Sipil Kota Surakarta (Studi Kasus: Program Bela Sungkawa Kirim Akta Kematian)


Oleh :
Ratna Widyawati - D0114091 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Kota Surakarta sebagai salah satu Kota dengan pelayanan administrasi kependudukan terbaik di Indonesia (Menpan, 2014), masih memiliki permasalahan terkait cakupan kepemilikan akta kematian. Secara statistik, di tiap tahunnya masih ada penerbitan akta kematian terlambat. Masih adanya penerbitan akta kematian terlambat dikarenakan keluarga/ahli waris baru mencatatkan kematian setelah sekian lamanya. Penyebab masyarakat baru mencatatkan kematian tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengurus akta kematian, dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya kepemilikan akta kematian. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan,faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan sertabentuk (tipologi)  inovasi pelayanan pencatatan akta kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan teorifaktor-faktor yang mempengaruhi inovasi pelayanan publik menurut Suwarno (2008)  dan tipologi dari Mulgan & Albury (dalam Muluk, 2008).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive samplingdan accidental samplingdengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman.  
Berdasarkan dari penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan ditemukan  bahwa pelaksanaan inovasi pencatatan akta kematian “Besuk Kiamat”tersebut berjalan cukup baik. Namun demikian masih ada hambatan dalam pelaksanaan inovasi ini dikarenakan faktor terbatasnya Sumber Daya Manusia dalam memberikan pelayanan, terkait jaringan internet yang kadang terganggu atau error, dan tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah. Karena dalam pelaksanaan inovasi ini ada penyederhanaan prosedur dalam proses kerja maka inovasi ini tergolong dalam tipologi inovasi proses pelayanan.

Kata kunci: Inovasi Pelayanan Publik, Akta Kematian, Besuk Kiamat