Abstrak


Peran Asisten Konsultan Public Relations di Weber Shandwick Global Agency Firm


Oleh :
Siti Madania Putri - D1615069 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Seiring dengan meningkatnya persaingan bisnis di dunia internasional, industri komunikasi khususnya di bidang Public Relations semakin diperlukan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membuat perencanaan strategi komunikasi. Saat ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan jasa perusahaan konsultan Public Relations. Kondisi ini membuat penulis memilih Weber Shandwick yang merupakan perusahaan konsultan Public Relations sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Media (Magang) sekaligus untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi serta mempersiapkan diri agar menjadi seorang Public Relations di dunia kerja yang sebenarnya.   
Pelaku organisasi atau perusahaan yang menyadari pentingnya komunikasi seringkali membutuhkan seorang Public Relations sebagai ahli komunikasi untuk menaungi organisasi atau perusahaan tersebut. Dalam praktiknya, terdapat dua bidang profesi Public Relations dalam memberikan jasanya yaitu Public Relations organik (profesi/praktisi Public Relations) dan konsultan Public Relations. Konsultan Public Relations merupakan seorang Public Relations yang memberikan jasa kepada seseorang atau lembaga yang disebut klien. Konsultan Public Relations dinaungi oleh perusahaan yang biasa disebut dengan agensi/biro konsultasi Public Relations.  
Penulis melaksanakan program Kuliah Kerja Media (Magang) di Weber Shandwick yang terletak di Menara Standard Chartered lt.10, Jl. Professor Doktor Satrio, Jakarta selama tiga bulan pada 19 Februari – 19 Mei 2018. Penulis ditempatkan sebagai Asisten Konsultan. Pelaksanaan magang dilakukan setiap hari Senin – Jumat dimulai sejak pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB.  Secara keseluruhan, penulis menjalani magang selama 13 minggu.  
Setelah melakukan kegiatan magang, penulis mendapatkan banyak manfaat baik pengalaman maupun pengetahuan yang terkait dengan peran Public Relations di dunia kerja nyata. Penulis akhirnya dapat memahami aplilkasi teori dan konsep Public Relations serta mengetahui bagaimana pentingnya komunikasi. Weber Shandwick sebagai institusi mitra pelaksanaan magang sudah memiliki standar yang sangat baik namun penulis menyarankan untuk memperbaiki beberapa sistem kerja khususnya yang melibatkan peserta magang.

Kata Kunci: Public Relations, Komunikasi, Konsultan Public Relations