Abstrak


Gambaran Pengendalian Bahaya Bekerja Di Ketinggian Dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Di PT Tatamulia Nusantara Indah Project Citraliving Apartment


Oleh :
Dhea Agustina Ivonawati - R0015024 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : PT Tatamulia Nusantara Indah adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi gedung yang memiliki potensi bahaya yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja, salah satunya adalah pekerjaan yang dilakukan di ketinggian. Untuk itu perusahaan menerapkan pengendalian bahaya dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran pengendalian bahaya bekerja di ketinggian dalam upaya pencegahan  kecelakaan  kerja di  PT  Tatamulia  Nusantara  Indah  Project  Citra Living Apartment.

Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk memberikan gambaran pengendalian bahaya bekerja di ketinggian dalam upaya pencegahan kecelakaan kerja di PT. Tatamulia Nusantara Indah Project Citra Living Apartment.

Hasil : PT Tatamulia Nusantara Indah Project Citra Living Apartment telah menerapkan pengendalian bahaya bekerja di ketinggian melalui perencanaan, teknik bekerja aman, perangkat pelindung jatuh, prosedur kerja, pembinaan dan pengawasan, serta penggunaan alat pelindung diri.

Simpulan : Perusahaan telah menerapkan pengendalian bahaya bekerja di ketinggian  sesuai   dengan   peraturan.   Namun,   untuk   pemasangan   toeboard, inspeksi   scaffolding,   dan   penyediaan   ahli   perancah   belum   sesuai   dengan peraturan.