Abstrak


Identifikasi Risiko dengan Metode Job Safety Analysis pada Pekerjaan Pemasangan Bekisting dan Pengecoran Upper Pier Head Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Departemen Light Rail Transit di Pt. Adhi Karya Jakarta


Oleh :
Raras Kartika Indrajati - R0015107 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Latar Belakang : Kecelakaan di perusahaan dapat berkurang atau menurun dan bagaimana suatu kecelakaan dapat diperkirakan yaitu menggunakan metode analisis risiko menggunakan Job Safety Analysis karena metode ini cukup mudah dan masuk dalam standar metode yang harus ada dalam sistem K3.
Metode Penelitian :Analisis data yang digunakan penulis adalah secara deskriptif, menggambarkan tentang pelaksanaan Penilaian risiko keselamatan kerja pada proses pemasangan bekisting dan pengecoran upper pier head dengan metode Job Safety Analysis di Departemen Light Rail Transit PT. Adhi Karya.
Hasil Penelitian : Job Safety Analysis digunakan sebagai awal pengendalian dan mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan Penyakit Akibat Kerja pada pekerjaan pemasangan bekisting dan pengecoran pier head di Departemen Light Rail Transit.
Simpulan Penelitian : Potensi bahaya yang sering terjadi adalah berupa potensi bahaya yang berisiko mencederai atau melukai pada bagian tubuh tertentu dan perusahaan sudah melaksanakan dan menaati peraturan yang berlaku tentang penyediaan alat pelindung diri bagi pekerja, karyawan, maupun visitor yang berada di area sekitar proyek.
Kata kunci : Job Safety Analysis