Abstrak


Analisis Postur Kerja Pada Tenaga Kerja Area Finish Good dengan Metode Reba di Pt. Indokarlo Perkasa, Cibinong, Bogor, Jawa Barat


Oleh :
Syifa’a Donatamara Lituhayuningtyas - R0015089 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Latar Belakang : Kegiatan manual handling masih banyak ditemui di perusahaan serta tenaga kerja banyak yang mengalami keluhan karena sikap kerja yang tidak ergonomis. Maka dari itu diperlukan tindakan untuk menilai dan menganalisis resiko ergonomi pada pekerjaan manual handling. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis postur kerja pada pekerjaan manual handling. 
Metode : Jenis penelitian adalah deskriptif yaitu memberikan gambaran serta penilaian terkait bahaya ergonomi pada pekerjaan manual handling. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, pengukuran, penilaian, dan studi kepustakaan. Kemudian data dianalisis dengan membandingkan dengan metode Rapid Entire Body Assesment (REBA). 
Hasil : Dari 15 kegiatan di area Finish Good hanya terdapat 2 (dua) kegiatan yang mempunyai tingkat resiko rendah, 11 (sebelas) diantaranya mempunyai tingkat resiko sedang dan 2 (dua) lainnya mempunyai tingkat resiko tinggi. Dan telah dilakukan kegiatan perbaikan postur kerja sehingga mengalami penurunan tingkat resiko. 
Simpulan : Analisis postur kerja dengan tingkat resiko sedang dan tinggi telah dilakukan perbaikan postur kerja dan terdapat penurunan skor akhir sebanyak 5 (lima) postur kerja dengan tingkat resiko rendah dan 8 (delapan) dengan tingkat resiko sedang, Saran perbaikan lainnya yaitu dengan pengendalian teknik, pengendalian teknik dan pemberian APD. 
Kata Kunci : Analisis, Penilaian, Rapid Entire Body Assessment, REBA.