Abstrak


Peran Reporter dalam Program Eksis Abis – Trans7


Oleh :
Chaerul Choriah Siti Utami - D1415004 - Fak. ISIP

Penyiaran atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Broadcasting, adalah keseluruhan proses penyampaian siaran kepada penerimaan siaran tersebut oleh pendengar atau pemirsa di satu tempat. Televisi merupakan media telekomunikasi yang   digunakan   untuk   memancarkan   dan   menerima   gambar   gerak   yang dilengkapi dengan suara. Dengan adanya televisi, masyarakat lebih mudeh mendapatkan informasi terkini. Akhir tahun 2012 Bersama dengan TRANSTV, Detikcom, TransVision dan CNN Indonesia, TRANS7 berada dalam group media TRANSMEDIA dengan tag line ”Cerdas, Akftif, dan Menghibur”, berkomitmen menyajikan  tayangan  berupa  informasi  dan  hiburan,  menghiasi  layar  kaca  di ruang keluarga pemirsa Indonesia.
Di televisi, Presenter atau sebut saja Reporter, berfungsi sebagai komunikator dan penerjemah yang memberikan interpretasi dan keterangan mengenai  semua  yang  terpampang  di  layar  kaca  televisi  pemirsa.  Selain  itu, adapun   tugas   utama   seorang   Reporter   menurut   Rahman   Anita   (2016:13) ditekankan  pada  penyampaian  dan  penyebarluasan  informasi  kepada  banyak orang secara informatif, akurat, tepat, dan jelas, serta obyektif, tidak berpihak, tidak berprasangka, jujur dan tulus, dengan cara yang menarik dan tidak membosankan. Menjadi seorang Reporter tidaklah mudah, karena menyangkut tidak hanya aspek suara dan tata wicara, penampilan fisik, edukasi, pengalaman, dan pastinya kebugaran jasmani juga rohaninya. Tapi lebih dari itu, terdapat satu unsur utama menurut  Rahman Anita (2016:25)  yaitu personalitas.  Karena  TV Presenter harus tampil di layar dengan mengensankan dan meyakinkan pemirsa yang disapanya, maka persyaratan pertama yang harus dipenuhinya adalah personality (personalitas), pribadi dengan pekerti tegas, berwibawa, tapi menyenangkan (firm, assertive but pleasant personality).
Dalam kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) penulis mendapatkan kesempatan di TRANS7 sebagai seorang Reporter. Sebagai salah satu program unggulan  TRANS7  yang  berformat  magazine,  Eksis  Abis  memiliki  tanggung jawab yang besar untuk bisa memberikan tayangan yang selalu fresh, unik, dan juga menarik. Dan itu semua tidak akan sempurna tanpa peran seorang Reporter. Reporter Eksis Abis berperan penting dalam jalannya proses produksi suatu tayangan Eksis Abis. Karena, Reporter harus bertanggung jawab atas tugasnya mulai dari tahap pra produksi, produksi, sampai paska produksi.