Abstrak


Peran Production Assistant dalam Proses Produksi Program IDX Second Session Closing Market di IDX Channel


Oleh :
Falza Fuadina - D1415011 - Fak. ISIP

Kuliah Kerja Media atau KKM merupakan sebuah program mata kuliah yang wajib dijalankan sebagai syarat kelulusan dan pembuatan Tugas Akhir guna mendapatkan gelar Ahli Madya oleh Mahasiswa Diploma III Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Perkembangan teknologi di bidang informasi terutama televisi. Saat ini televisi banyak bermunculan salah satunya televisi kabel. IDX Channel atau The Official Indonesia Stock Exchange Channel adalah TV Channel pasar modal (captal market)  dan  business  pertama  serta  satu-satunya  di  Indonesia.  IDX  Channel adalah sebuah stasiun televisi berita bisnis dan keuangan selama 24 jam yang menjangkau wilayah Indonesia yang membahas tentang perkembangan pasar modal.
Selama menjalankan kegiatan KKM selama 3 bulan di program “IDX Second Session Closing Market” IDX Channel, penulis bertugas untuk menjadi seorang production assistant (PA). Production  Assistant  adalah  orang  yang  membantu produser maupun orang yang bertanggung jawab dalam proses produksi sebuah program acara, mulai dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi agar program yang di produksi dapat berjalan dengan lancar.
Peran production assistant sangat penting untuk menentukan keberhasilan sebuah tayangan dan juga ketepatan dalam mengkoordinir proses produksi, mulai dari  pra  produksi  hingga pasca produksi.  Pengalaman  dan  ilmu  yang  penulis dapatkan selama menjadi PA pada saat melaksanakan Kuliah Kerja Media dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan penulis dalam menjalani dunia kerja penyiaran. Saran yang diberikan untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret yaitu Menambah teori dan praktek dalam mata kuliah yang  sesuai  dengan  dunia  kerja  khususnya  dalam  bidang  penyiaran  agar mahasiswa  mempunyai  pandangan  tentang  dunia  kerja  yang  sebenarnya.  Dan untuk IDX Channel, perlu ada pelatihan khususnya untuk production assistant untuk meningkatkan pemahaman mengenai pasar modal, untuk meningkatkan kualitas program, khususnya di program IDX Second Session Closing Market.