Abstrak


Peran Editor New Media pada Stasiun Televisi NET. BIRO Jawa Tengah


Oleh :
Ida Farasyani - D1415017 - Fak. ISIP

Kuliah Kerja Media (KKM) merupakan salah satu program mata kuliah yang wajib dijalankan sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir dan juga merupakan salah satu syarat yang harus ditempuh dan dijalankan guna mendapatkan gelar Ahli Madya di jurusan Penyiaran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pelaksanaan Kuliah Kerja Media merupakan pemaparan teori-teori yang telah didapatkan di bangku perkuliahan dan diterapkan dengan praktik kerja nyata ketika pelaksanaan kuliah kerja media.
Dunia Penyiaran khususnya Televisi adalah salah satu media penyiaran yang sangat menarik perhatian masyarakat. Hal ini karena televisi memiliki keunggulan yaitu dapat menyajikan konten secara audiovisual. Melalui televisi dan perkembangannya kedalam era digital yakni melalui new media, kini masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan dan mengakses informasi khususnya dalam konteks berita.Salah satu televisi yang berkiprah dengan cara lebih menggunakan kemajuan teknologi informasi digital yakni stasiun televisi NET.. NET. memiliki berbagai sajian program acara dan salah satunya adalah program acara berita.
Dalam menyiarakan sajian informasi berita NET. melibatkan cabang Biro yang berperan khusus untuk mencari dan mengolah berita berdasarkan wilayah. Salah satu Biro dari NET. yaitu NET. Biro Jawa Tengah yang beralamatkan di Jl. Pamularsih 18 B, Bojongsalaman, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah. Proses produksi berita pada NET. Biro Jawa Tengah tidak hanya berhenti ketika berita telah disiarkan, namun kemudian berita tersebut akan ditayangkan ulang melalui new media yang dimiliki NET. Biro Jawa Tengah diantaranya melalui Youtube, Facebook, Twitter dan Instagram. Dalam proses produksi untuk new media itu sendiri tentu dibutuhkan seorang editor sekaligus admin new media. Editor adalah seorang yang berprofesi sebagai ahli pemotong gambar dan audio. Editor melakukan proses editing new media setelah rangkaian berita disiarkan. Proses pengeditan menggunakan Aplikasi Adobe Premier Pro dan Aplikasi Edius.
Dalam Kuliah Kerja Media ini penulis berkesempatan menjadi seorang editor new media dalam proses produksi program acara NET. Jawa Tengah. Penulis menjadi paham peran penting seorang editor new media. Karena dengan adanya new media informasi tersampakian lebih luas dengan cepat.