Abstrak


Peran Editor dalam Proses Produksi Program Berita Liputan 6 dan Fokus Pagi Daerah di SCTV - Indosiar Biro Jawa Timur


Oleh :
Nurul Fathiyah - D1415025 - Fak. ISIP

Media televisi di Indonesia saat ini sudah berkembang sangat pesat. Ada banyak stasiun televisi yang lahir di Indonesia dengan berbagai macam program acara yang dimilikinya. Persaingan didunia pertelevisian muncul, entah di stasiun televisi nasional maupun stasiun televisi lokal. Berbagai macam jenis program televisi dibuat semenarik mungkin agar tetap dapat diterima dan ditonton oleh khalayak luas, baik  program yang menghibur maupun program yang bersifat informatif seperti program berita.
Untuk mencapai dan memproduksi program berita televisi yang berkualitas dan menarik, pastinya harus dengan adanya sebuah kerjasama tim yang baik. Salah satu yang berpengaruh dalam sebuah terciptanya program berita televisi yang baik dan menarik adalah seorang editor.
Kuliah Kerja Media (KKM) merupakan Kegiatan Magang Mahasiswa di Program Diploma III Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dalam rangka mencari pengalaman kerja pada lembaga mitra atau perusahaan sesuai dengan latar belakang ilmu yang dimiliki dan sebagai syarat untuk mendapatkan gelar Ahli Madya di Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penulis berkesempatan melaksanakan KKM di salah satu stasiun televisi lokal di Surabaya yaitu SCTV – Indosiar Biro Jawa Timur, yang memproduksi program berita daerah yaitu Fokus Pagi Daerah Jawa Timur dan Liputan 6 Pagi Daerah Jawa Timur. Selama melakukan kegiatan Kuliah Kerja Media di SCTV – Indosiar Biro Jawa Timur kurang lebih selama dua bulan, penulis mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman kegiatan didunia broadcasting khususnya sebagai editor program berita.
Penulis dapat menyimpulkan bahwa editor di SCTV – Indosiar Biro Jawa Timur yang memproduksi program berita secara taping, tidak hanya bekerja disaat pasca produksi saja. Dan juga dapat disimpulkan, bahwa seorang editor berperan penting dalam sebuah proses produksi program berita. Materi berita yang berasal dari kontributor, tim redaksi dan tim studio, hasilnya akan bergantung pada keuletan, kecermatan dan kekreatifan seorang editor dalam mengolah gambar, audio, musik dan grafisnya. Dengan tetap dalam pengawasan dan koordinasi seorang produser.