Abstrak


Peran Asisten Produser dalam Program Berita Liputan 6 & Fokus Pagi Daerah di SCTV – Indosiar Biro Jawa Timur


Oleh :
Yuli Purwitasari - D1415040 - Fak. ISIP

Kuliah Kerja Media atau KKM yang diselenggarakan oleh program studi D3 Komunikasi Terapan Universitas Sebelas Maret sebagai proses pembelajaran yang bersifat kurikuler dan menjadi kuliah wajib bagi mahasiswa Program Diploma III Fisip-UNS. Dengan KKM, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan dan menyelaraskan antara pencapaian pembelajaran di kampus dengan dinamika pekerjaan di dunia kerja. Selain itu KKM merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam memperoleh gelar Ahli Madya dalam bidang Komunikasi Terapan di Universitas Sebelas Maret.
Televisi mempunyai peran dan pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat khususnya masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri mempunyai banyak saluran stasiun televisi baik negeri maupun swasta. Pemerintah menyadari bahwa budaya asli daerah mulai terkikis dan hal ini mendasari peraturan penyiaran yang tercantum dalam UU No. 32 tahun 2002 yang mewajibkan televisi nasional mempunyai konten lokal. Salah satu biro dari televisi nasional adalah SCTV – Indosiar biro Jawa Timur, yang merupakan stasiun televisi biro dari sub-holding grup EMTEK, Surya Citra Media (Membawahi stasiun televisi SCTV dan Indosiar).
Dan penulis mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan Kuliah Kerja Media selama 2 bulan terhitung sejak 1 Maret 2018 hingga 30 April 2018 di SCTV-Indosiar Jawa Timur. Pada KKM kali ini, penulis mendapatkan kesempatan untuk belajar di divisi pemberitaan, dan terfokus dalam pembelajaran mengenai bagaimana peran seorang asisten produser dalam program berita.