Abstrak


Analisis Profil Wisatawan di Makam Sunan Pandanaran Bayat Klaten


Oleh :
Safira Dealdira - B3215045 - Fak. Ilmu Budaya

Tugas akhir ini mengkaji tentang Analisis Profil Wisatawan Makam Sunan Pandanaran. Penyusunan ini bertujuan untuk mengetahui daya tarik obyek wisata Makam Sunan Pandanaran, profil wisatawan yang mengunjungi obyek wisata Makam Sunan Pandanaran, dan untuk mengetahui segmentasi pasar wisatawan di obyek wisata Makam Sunan Pandanaran.
Penulisan laporan ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, penyebaran kuesioner dan wawancara, sebagai penunjang studi dokumen dan studi pustaka dengan cara mengumpulkan buku-buku dan data yang berkaitan dengan tema. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk laporan ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan variabel demografis, Makam Sunan Pandanaran diminati oleh wisatawan baik perempuan maupun laki-laki, wisatawan yang datang rata-rata berumur dewasa dengan latar belakang pekerjaan yang bermacam-macam, sebagian besar adalah pelajar. Berdasarkan variabel geografis wisatawan yang banyak datang ke Makam Sunan Pandanaran berasal dari Solo Raya. Berdasarkan variabel psikografis, tujuan utama wisatawan datang ke Makam Sunan Pandanaran untuk berziarah, informasi yang didapatkan kebanyakan dari mulut ke mulut, frekuensi wisatawan datang ke Makam Sunan Pandanaran rata-rata setahun sekali dan kunjungan ke Makam Sunan Pandanaran mereka lakukan bersama teman dan keluarga. Segmentasi pasar yang tepat untuk Makam Sunan Pandanaran adalah dari kalangan pesantren, perkumpulan pengajian masjid, budayawan dan sejarahwan
Kesimpulan dari penelitian ini daya tarik yang ada di Makam Sunan Pandanaran adalah bangunannya, upacara Nyadran dan souvenirnya, wisatawan yang datang ke Makam Sunan Pandanaran di latar belakangi berdasarkan variabel demografis, dari kalangan wanita dan laki-laki,  rata-rata sudah berumur dewasa dengan jenis pekerjaan yang bermacam-macam, berdasarkan variabel geografis rata-rata wisatawan berasal dari Solo raya, Jawa Timur dan luar pulau Jawa, berdasarkan variabel psikografis, wisatawan datang dengan tujuan ziarah, rata-rata datang setahun sekali karena sudah menjadi agenda tahunan menjelang bulan Ramadhan, dan dilakukan bersama teman dan keluarga. Hal tersebut berhubungan dengan segmentasi pasar  yang tepat untuk Makam Sunan Pandanaran adalah sekolah, pesantren, perkumpulan pengajian dan budayawan atau sejarahwan.