Abstrak


Pengaruh Postur Kerja Berdiri Dengan Keluhan Low Back Pain Pada Pekerja Proses Melting Area Gravity Casting Di PT Akebono Brake Astra Indonesia


Oleh :
Zulfa Muthia Anggana - R0015106 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Pada salah satu proses produksi yaitu pada tahap proses melting di area gravity casting, tenaga kerja melakukan pekerjaan dengan mengangkat beban dengan postur kerja berdiri dan berulang kali. Berdasarkan hasil wawancara terdapat 4 orang tenaga kerja mengeluh mengalami nyeri punggung bawah (low back pain). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh postur kerja berdiri dengan keluhan low back pain pada pekerja proses melting area gravity casting di PT. Akebono Brake Astra Indonesia.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 30 pekerja laki-laki pada proses melting di area gravity casting dengan menggunakan teknik total sampling. Data postur kerja berdiri diperoleh dengan melakukan pengamatan dan menggunakan metode Rapid Entire Body Assesment (REBA). Data keluhan low back  pain  diperoleh  dengan  menggunakan  kuesioner  Modified  Oswestry  Low Back Pain Disability Questionnaire (ODI). Analisis data yang digunakan adalah uji Pearson Product Moment.

Hasil : Terdapat pengaruh antara postur kerja berdiri dengan keluhan low back pain dengan p = 0,002. Nilai kekuatan korelasi yaitu 0,540 (sedang) dengan arah korelasi positif atau searah. Selain itu, memiliki Odds Ratio sebesar 18,667 yang artinya tenaga kerja memiliki tingkat risiko 18,667 kali lipat mengalami keluhan low back pain.