Abstrak


Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dan Implikatur Percakapan dalam Program Waktu Indonesia Bercanda (WIB) di Net TV


Oleh :
Windhi Asti Ariyana - C0214065 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK

 

Windhi Asti Ariyana. C0214065. 2018. Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dan Implikatur Percakapan dalam Program Waktu Indonesia Bercanda (WIB) di NET TV. Skripsi Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pelanggaran prinsip kerja sama adalah ketidaktaatan peserta percakapan pada kaidah yang diciptakan untuk menjalin kerja sama dengan cara mengemukakan  tuturan  yang  tidak  informatif,  tidak  logis,  berlebihan,  tidak disertai bukti-bukti yang memadai, tidak relevan, disampaikan dengan cara yang kabur, ambigu dan tidak runtut dalam rangka tujuan tertentu, salah satunya untuk tujuan   humor.   Pelanggaran   prinsip   kerja   sama   mengakibatkan   munculnya implikasi pragmatis yang disebut sebagai implikatur percakapan. Penelitian ini mengkaji mengenai Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dan Implikatur Percakapan dalam Program Waktu Indonesia Bercanda (WIB) di NET TV.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelanggaran prinsip kerja sama dan implikatur percakapan dalam tuturan humor dalam program WIB di NET TV.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah hasil rekaman video program WIB yang diunduh melalui Zulu.id yang merupakan situs web resmi untuk menonton program secara online atau streaming milik NET TV. Data penelitian ini adalah tuturan soal dan jawaban Cak Lontong dengan para pemain yang mengandung pelanggaran prinsip kerja sama dan implikatur percakapan dalam program Waktu Indonesia Bercanda (WIB) di NET TV kurun waktu Januari-Februari 2018 sebanyak enam belas episode. Objek penelitian ini adalah pelanggaran prinsip kerja sama dan implikatur percakapan Grice (1975). Metode dan teknik penyediaan data dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik dasar yaitu teknik sadap dan teknik lanjutannya yaitu teknik simak bebas libat cakap (sblc), teknik rekam, dan teknik catat.   Klasifikasi data berdasarkan maksim-maksim dalam prinsip kerja sama sebagai pelangaran prinsip kerja sama dan sumber implikatur percakapan. Metode dan teknik analisis data menggunakan  metode  kontekstual.  Hasil  analisis  data  dalam  penelitian  ini disajikan dengan menggunakan metode informal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis pelanggaran prinsip kerja sama yang terdapat dalam program Waktu Indonesia Bercanda (WIB) yaitu berupa pelanggaran maksim kualitas, pelanggaran maksim relevansi, dan pelanggaran maksim cara. Implikatur percakapan dalam program Waktu Indonesia Bercanda (WIB) yaitu untuk humor, dinyatakan dengan maksud membuktikan, berusaha memberikan jawaban yang tak terduga (di luar harapan mitra tutur) dan untuk mengecoh. Secara keseluruhan implikatur percakapan tersebut sengaja diciptakan untuk memberi kesan lucu atau humor. Tujuan untuk humor itu disampaikan secara tersirat pada tuturan yang melanggar prinsip kerja sama.

Kata  kunci:  Pelanggaran  Prinsip  Kerja  Sama,  Implikatur  Percakapan,  Waktu
Indonesia Bercanda (WIB).