Abstrak


Perancangan dan Pembuatan Zmart Photoshop sebagai Penunjang Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital (Pcd) Siswa Kelas Xi Jurusan Multimedia Smk Negeri 1 Karanganyar


Oleh :
Adhi Ginanjar Santoso - K3513002 - Fak. KIP

Pembelajaran pengolahan citra digital pada sekolah menengah kejuruan multimedia tidak terlalu memiliki banyak inovasi yang menyenangkan dan efisien. Karena minimnya inovasi dari tahun ke tahun muncul berbagai masalah dalam kegiatan pembelajaran pengolahan citra digital seperti monoton, membosankan dan tidak menarik. Beragamnya media pembelajaran akan mampu meningkatkan minat dan ketertarikan siswa didalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran buku digital Zmart Photoshop yang interaktif dan menarik serta layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran siswa. 
Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini dilakukan menggunakan model penelitian yang dikembangkan Borg & Gall. Model penelitian yang digunakan terdiri dari 5 langkah yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal dan merevisi hasil uji coba.   
Aplikasi buku digital Zmart Photoshop diuji cobakan kepada ahli materi, ahli media dan pengguna menggunakan kuisioner. Hasil pengujian kuisioner oleh para ahli didapatkan  persentase nilai sebesar 89,76% poin dari ahli materi, 80,53% poin dari ahli media, dan 89,57% poin dari  pengguna. Dari hasil pengujian diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi buku digital Zmart Photoshop yang telah dikembangkan sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pengganti buku pegangan siswa. 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Buku Digital, E-Book, Photoshop, Multimedia