Abstrak


Kajian Psikologi Sastra pada Naskah Drama Senja dengan Dua Kelelawar Karya Kridjomulyo dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Drama pada Sekolah Menengah Atas


Oleh :
Akbar Bagus Wicaksono - K1214002 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian tentang naskah drama ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman terhadap perwatakan tokoh, pentingnya pemahaman terhadap konflik batin sesuai dengan teori psikoanalisis, dan pentingnya pengembangan bahan ajar apresiasi drama di tingkat SMA. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan:  (1) perwatakan para tokoh dalam naskah drama Senja Dengan Dua Kelelawar karya Kridjomulyo; (2) konflik batin yang dialami para tokoh dalam naskah drama Senja Dengan Dua Kelelawar karya  Kridjomulyo; dan (3) relevansi naskah drama Senja Dengan Dua Kelelawar karya Kridjomulyo sebagai bahan ajar apresiasi drama pada sekolah menengah atas.   
Penelitian ini menggunakan sebuah kajian psikologi sastra, yakni menggunakan pendekatan psikologi untuk mengetahui watak dari tokoh melalui pemerhatian terhadap tingkah laku tokoh. Teknik sampling yang digunakan dalam peneltian ini adalah purposive sampling, yakni pengambilan data sesuai dengan kebutuhan peneliti dan memiliki hubungan dengan tujuan penelitian. Sumber data yang digunakan yakni dokumen dan informan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan melalui analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis model mengalir yang terdiri dari:  pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian ini adalah deskripsi tentang:  (1) perwatakan para tokoh dalam naskah drama Senja Dengan Dua Kelelawar karya Kridjomulyo yang berbeda-beda dari masing-masing tokoh. Hal tersebut dilakukan untuk  membangun jalan cerita yang sesuai dengan tema dari naskah drama; (2) konflik batin yang dialami para tokoh dalam naskah drama Senja Dengan Dua Kelelawar karya Kridjomulyo sangat kompleks. Setiap konflik batin yang dialami tokoh dapat diuraikan melalui teori psikoanalisis dengan fokus kajian pada id, ego, dan superego; dan (3) relevansi naskah drama Senja Dengan Dua Kelelawar karya  Kridjomulyo sebagai bahan ajar apresiasi drama pada sekolah menengah atas dengan memperhatikan aspek bahasa, perkembangan psikologi siswa, dan latar  belakang budaya.

Kata kunci:  psikologi sastra, naskah drama, perwatakan tokoh, konflik batin, relevansi materi ajar