Abstrak


Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan melalui Media Bola Angka pada Anak Usia 4 5 Tahun (PTK Di TK Widya Putra DWP UNS Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018)


Oleh :
Ika Wahyuningsih - K8114031 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian dilaksanakan yaitu penggunaan media bola angka dalam peembelajaran pemahaman konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di kelompok A.  
Subjek penelitian dari penelitian ini adala anak usia 4-5 tahun di TK Widya Putra DWP UNS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus pada tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif yang mengacu pada metode Milles Hubberman.   
Hasil penelitian tindakan kelas menyatakan bahwa penggunaan media bola angka dalam pembelajaran mampu meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Penggunaan media bola angka dalam pembelajaran dilaksanakan diluar dan didalam kelas.Bola angka dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang dilaksanakan dalam konsep permaian yang menyenangkan untuk anak. Peningkatan terjadi dari masa pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.

Kata Kunci: Konsep Bilangan, Bola Angka, Media