Abstrak


Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Heads Together) dengan Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar di Tinjau dari Minat Peserta Didik Kelas X


Oleh :
Ineza Ghaisani Mayzura - K3512032 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah terdapat perbedaan pengaruh antara penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan model konvensional terhadap hasil belajar siswa; (2) apakah terdapat pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa; (3) apakah terdapat iteraksi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Sampel yang terpilih adalah 72 peserta didik kelas X tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis variansi dua arah dengan sel tak sama. Hasil penelitian yang diperoleh menjelaskan bahwa (1) pembelajaran dengan pendekatan NHT dan konvensional menghasilkan hasil belajar yang sama pada materi kelas maya (2) Minat belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran NHT lebih tinggi dibandingkan dengan minat belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada materi bahasan kelas maya (3) Tidak ada interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar pada pelajaran kelas maya. Siswa, yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan NHT mempunyai haisil belajar yang sama dengan siswa yang mengkuti pelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Siswa lebih memliki minat tinggi untuk pelajaran bahasan kelas maya dengan model pembelajaran NHT.

Kata Kunci: orientasi hasil belajar, minat belajar, simulasi digital, kelas maya, numbered heads together, konvensional