Abstrak


Analisis Penerapan Manajemen Risiko Berdasarkan Ohsas 18001:2007 Klausul 4.3.1 Tentang Hiradc pada Area Produksi di Pt. Trias Indra Saputra Jakarta Utara.


Oleh :
Sicha Putri Utami - R0015086 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Latar Belakang : Manajemen risiko keselamatan dan kesehatan kerja merupakan upaya pengelolaan bahaya yang berpotensi menimbulkan risiko terhadap keselamatan dan kesehatan kerja serta untuk mencegah terjadinya suaru kecelakaan kerja dan keparahan yang diakibatkannya. Pekerjaan yang adapada area produksi PT. TriasIndraSaputramengandungberbagairisiko yang perludikendalikan. Dalammenerapkanmanajemenrisiko,perludiketahuiapakahmanajemenrisikotersebuttelahsesuaiden anstandar agar manajemenrisikodapatberjalanefektif. Tujuandaripenelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan manajemen risiko berdasarkan OHSAS 18001:2007 klausul 4.3.1 tentang HIRADC pada area produksi di PT. TriasIndra Saputra Jakarta Utara.
Metode :Penelitian menggunakan metode deskriptif untuk memberikan gambaran secara rinci tentang analisis penerapan manajemen risiko berdasarkan klausul 4.3.1 OHSAS 18001:2007pada area produksi di PT. TriasIndraSaputra Jakarta Utara
Hasil :PT. TriasIndra Saputra melakukan manajemen risiko berdasarkan prosedur Identifikasi Bahaya-Aspek, Penilaian dan Pengendalian Risiko. Beberapa aspek manajemen risiko seperti Identifikasi bahaya, penilaianrisiko, pengendalian risiko dan tinjauan ulang telah sesuai dengan klausul 4.3.1 OHSAS 18001:2007. Manajemen perubahan serta komunikasi tentang manajemen risiko belum dilakukan dengan optimal danbelumsesuaidengan4.3.1 OHSAS 18001:2007.
Simpulan :PT. TriasIndra Saputra telah menyusun manajemen risikos esuai dengan klausul 4.3.1 OHSAS 18001:2007. Akan tetapi masih ada beberapa aspek yang belum dilaksanakan seperti belum menerapkan prosedur manajemen perubahan dan komunikasi tentang manajemen risiko yang belum optimal kepada seluruh tenaga kerja sehingga perlu peningkatan komitmen perusahaan dalamĀ  menerapkan system manajemen risiko.