Abstrak


Asuhan Kebidanan Terintegrasi Pada Ny W Umur 26 Tahun Di Puskesmas Gambirsari Surakarta


Oleh :
Raras Indung Palupi - R0315043 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Puskesmas Gambirsari, cakupan K4 99,23%, cakupan PN 100%, cakupan KN 100%. Asuhan dibutuhkan pada Ny. W umur 26 tahun, G1P0A0, hamil
36+3  minggu normal, persalinan dengan kala I lama dan ketuban pecah dini, nifas normal, BBL normal, dan KB suntik 3 bulan. Perlu asuhan kebidanan berkelanjutan guna meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak.
Pelaksanaan:Asuhan kehamilan normal dengan kunjungan ulang 2 kali, persalinan sectio caesare atas indikasi ketuban pecah dini dan kala 1 lama, asuhan ibu nifas dengan kunjungan 3  kali,  dan bayi  baru lahir  normal  dengan kunjungan 3  kali, konseling keluarga berencana (KB) untuk ibu menyusui.
Evaluasi: Asuhan kebidanan terintegrasi pada Ny.W selama hamil dalam keadaan normal, masalah persalinan pada Ny. W dapat tertangani dengan baik. Pada asuhan nifas dan bayi baru lahir tidak terdapat masalah. Ny.W menggunakan KB suntik 3 bulan.
Kesimpulan dan Saran: Terdapat kesenjangan pada pelaksanaan asuhan persalinan dan nifas, yaitu pada persalinan tidak dilakukan IMD dan tidak diberikan vitamin A dari Rumah Sakit. Bagi institusi kesehatan agar terdapat protap IMD dan pemberian vitamin A.