Abstrak


Analisis Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Penggunaan Suplemen Di Apotek Nusukan Surakarta


Oleh :
Faradila Andriani - M3515017 - Fak. MIPA

Tingkat   pengetahuan   ibu   hamil   yang   rendah   terhadap   penggunaan suplemen dapat menyebabkan menurunnya Angka Kecukupan Gizi (AKG). Jika Angka Kecukupan Gizi (AKG) tidak terpenuhi maka kesehatan ibu hamil dan janin terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil tentang penggunaan suplemen di Apotek Nusukan Surakarta.
Jenis Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif non eksperimental  dengan  desain  penelitian  prospektif.  Sampel  diperoleh menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 200 ibu hamil dan memiliki kriteria inklusi ibu hamil yang berkunjung di Apotek Nusukan Surakarta, bersedia menjadi responden, dan bisa membaca dan menulis. Data   yang  di   analisis   meliputi   tingkat   pengetahuan   terhadap   penggunaan suplemen. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas menggunakan Alpha cronbach’s dengan α minimum 0,6.
Data yang diperoleh selanjutnya di analisis dengan analisis persentase dengan menggunakan program Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan dari 200 responden, diketahui sebanyak 30% memiliki pengetahuan baik, 64% memiliki pengetahuan cukup tentang suplemen dan sebesar 6% responden memiliki pengetahuan kurang. Penelitian ini hanya mencapai tingkat pengetahuan tahap tahu.