Abstrak


Kualitas Laman Universitas Sebelas Maret (WWW.UNS.AC.ID)


Oleh :
Adi Priya Utama - D0114002 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Isu globalisasi dan perkembangan teknologi membuat paradigma dalam administrasi publik menelurkan paradigma e-Government agar mampu mengatasi masalah yang muncul. Berbagai produk dihasilkan dari paradigma itu, salah satunya adalah adanya laman di setiap instansi pemerintah yang menerapkan e-Gov. Oleh karena itulah universitas negeri juga memiliki laman sebagai salah satu perwujudan paradigma e-Gov di ranah pendidikan tinggi.
Namun dalam prakteknya, masih banyak laman universitas negeri yang bermasalah dan belum berkualitas. Padahal banyak manfaat yang diberikan oleh laman universitas serta merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan penerapan e-Gov. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas laman Universitas Sebelas Maret (www.uns.ac.id) sebagai salah satu universitas negeri di Indonesia menggunakan konsep Website Quality Evaluation Method (WebQEM).
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah 100 mahasiswa Strata-1 Universitas Sebelas Maret. Pengumpulan data menggunakan alat kuisioner dengan intrumen penelitian WebQEM yang diadopsi dari peneliti Niazi & Kamran (2016). Statistik deskriptif (frekuensi, rata-rata) digunakan dalam penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini apabila ditilik dari setiap karakteristik yang ada, menunjukkan bahwa karakteristik Usability memiliki (nilai = 0,76), Functionality memiliki (nilai = 0,77) dan Reliability memiliki (nilai = 0,73). Namun apabila dilihat dari karakteristik Efficiency, laman www.uns.ac.id berada pada kondisi “sedang” yakni memiliki (nilai = 0,486). Secara keseluruhan, laman Universitas Sebelas Maret (www.uns.ac.id) berada pada kondisi “baik” dengan (nilai = 0,7).
Tulisan ini berimplikasi kepada pengembang atau pengelola laman Universitas Sebelas Maret dan kepada peneliti selanjutnya dengan kajian serupa. Tulisan ini diharapkan mampu menjawab pertanyaan mengenai kriteria apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas laman universitas serta mengurangi kesenjangan/gap pelayanan jasa kategori 3.

Kata Kunci: Laman, Kualitas, WebQEM, Universitas Sebelas Maret.